sekilas tentang matapena


“Kita begitu berbeda dalam semua, kecuali dalam cinta” Soe Hok Gie

Sejarah : Matapena berdiri pada tahun 2007, diprakarsai oleh bapak Yusri Fajar dan beberapa mahasiswa seperti Dimas Ramadhan, mbak Miza, dll. Sempat vacum di tahun 2008-2009 dan mulai bergeliat di akhir tahun 2010. Bangkitnya matapena tidak lepas dari campur tangan pak Yusri fajar setelah kembali dari Jerman serta semangat embrio sastrawan bangsa yang sedang menempuh pendidikan di FIB Brawijaya. Bisa dikatakan, generasi sekarang adalah generasi kedua dari generasi matapena yang telah ada. 

Jatidiri: matapena merupakan komunitas sastra yang berada di Fakultas Ilmu Budaya yang  bertujuan untuk mewadahi mahasiswa yang berminat dibidang sastra, menghidupkan sastra di Bumi Indonesia, khususnya di belahan bumi FIB Brawijaya, selain itu dengan adanya matapena diharapkan bisa menelurkan karya sastra yang bermanfaat bagi orang banyak. Dalam matapena, proses kreatif merupakan hal penting yang harus dijalani. Tanpa menjalani proses itu, bagaikan orang yang ingin menjadi kupu-kupu tetapi tidak mau menjadi ulat lebih dulu. Disini bersama-sama kita berproses, bersama-sama kita bermain, bersama-sama kita menghidupkan sastra.
Kegiatan:
-          Cangkru’an sastra (diskusi sastra, bedah novel, cerpen, puisi, tadarus puisi)
-          Aksara sastra (menerbitkan buku antologi cerpen, antologi puisi, latihan menulis cerpen, puisi, essay sastra, karya tulis ilmiah tentang sastra)
-          Uklam-uklam sastra (silaturahmi ke komunitas  lain ; UKMP, Pelangi sastra malang, lembah Ibarat, muni sore malang)

Anggota ; Dalam (mahasiswa FIB), luar (mahasiswa brawijaya)
Informasi lebih lanjut

 085649701660 Afif afandi
 fb: matapena fib

Komentar

Postingan Populer